Jadilah Akh yang Hangat

blogger templates


Salah seorang akh berjalan dengan teman barunya yang belum dikenal oleh kawan-kawannya yang lam. Ketika salah seorang di antara mereka bertemu dengan mereka berdua, ia menjabat tangan akh ini dengan sangat mesra, sedangkan akh baru yang belum dikenalnya dija-bat tangannya dengan dingm. Tentu sikap ini dapat dirasakan olehnya hingga ia merasa dibedakan.

Seharusnya, seorang akh tidak boleh membeda-beda-kan dalam berjabat tangan, kecuah ia bukan seorang da'i yang mempunyai tujuan menank orang baru dalam dakwahnya.

Seorang da'i harus memahami bahwa ltu kesempat-an berharga untuk berkenalan dengan orang baru. Salam seorang da'i yang dilontarkan, ucapan, dan penyambutannya adalah sarana dakwah. Dengan demikian, akh yang baru dikenal mi akan langsung masuk dalam lingkaran mereka, lalu diundanglah ia untuk mengikuti seminar, ceramah, dan bahkan rihlah (piknik). Selain itu, dapat pula memberinya berbagai bantuan yang diperlukan, atau hadiah pada momentum yang tepat. Lalu ia menasihati akh yang lain untuk bersikap serupa, dengan tulus dan perasaan yang hangat. Dengan demikian, tindakan itu akan memberi pengaruh kepada mereka, lalu mereka pun mendapatkan makna cinta yang sesungguhnya dan kehangatan hidup.

Bila setiap akh menunjukkan sikap islami ini, dengan semangat persaudaraan yang tulus, niscaya orang tersebut akan merasakan dirmya berada di tengah-tengah banyak hati yang menyukai dan mencintainya. Dengan begitu, lalu terbangunlah saling respon secara tulus dan masing-masing mereka merasa menjadi bagian dari kebersamaan.