HADIS TENTANG
IKHLAS DALAM BERAMAL
A.
PENDAHULUAN
Ikhlas dalam beramal
merupakan salah satu hal yang harus dimiliki, dipelajari dan dipahami oleh
setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan. Karena ikhlas dalam beramal
merupakan salah satu pelajaran untuk memahami bagaimana kedudukan niat dalam
beramal dan apa itu istiqomah. Allah SWT berfirman (yang artinya), “Allah yang menciptakan
kematian dan kehidupan dalam rangka menguji kalian; siapakah di antara kalian
orang yang terbaik amalnya.” (QS. al-Mulk: 2).
Makna “yang terbaik
amalnya” yaitu “yang paling ikhlas dan paling benar”. Apabila amal itu ikhlas
namun tidak benar, maka tidak akan diterima. Begitu pula apabila benar tapi
tidak ikhlas, maka juga tidak diterima. Ikhlas yaitu apabila dikerjakan karena
Allah. Benar yaitu apabila di atas sunnah atau tuntunan. Begitu juga dengan
niat, Niat merupakan barometer untuk meluruskan amal perbuatan. Apabila niat
baik, maka amalan menjadi baik. Sebaliknya, bila niat rusak, amalan juga akan
rusak.
Oleh karena itu
banyak sekali ayat maupun hadis yang menjabarkan tentang keikhlasan dan hal-hal
yang berkaitan dengannya. Selanjutnya pada makalah ini mencoba mengupas tentang
ikhlas dalam beramal yang bersumber dari hadis, kemudian di analisi dengan
menggunakan pendekan tahlili.
B.
HADIS-HADIS
TENTANG IKHLAS DALAM BERAMAL
Hadits yang mulia
ini menunjukkan bahwa niat merupakan timbangan penentu kesahihan amal. Apabila
niatnya baik, maka amal menjadi baik. Apabila niatnya jelek, amalnya pun
menjadi jelek (Syarh
Arba’in li an-Nawawi, sebagaimana tercantum dalam ad-Durrah as-Salafiyah,
hal. 26). Selanjutnya bisa dijumpai pada kitab-kitab sebagaimana akan
dijelaskan di bawah ini :
1.
Hadis
Riwayat Imam Bukhari
حَدَّثَنَا
الْحُمَيْدِيُّ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الزُّبَيْرِ قَالَ حَدَّثَنَا
سُفْيَانُ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْأَنْصَارِيُّ قَالَ
أَخْبَرَنِي مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيُّ أَنَّهُ سَمِعَ عَلْقَمَةَ
بْنَ وَقَّاصٍ اللَّيْثِيَّيَقُولُ سَمِعْتُعُمَرَبْنَ الْخَطَّابِرَضِيَ اللَّهُ
عَنْهُ عَلَى الْمِنْبَرِ : قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ
وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا
يُصِيبُهَا أَوْ إِلَى امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ
إِلَيْهِ.
حَدَّثَنَا
قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ قَالَ
سَمِعْتُ يَحْيَى بْنَ سَعِيدٍ يَقُولُ أَخْبَرَنِي مُحَمَّدُ بْنُ
إِبْرَاهِيمَ أَنَّهُ سَمِعَ عَلْقَمَةَ بْنَ وَقَّاصٍ اللَّيْثِيَّ
يَقُولُ سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
يَقُولُ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَقُولُ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَإِنَّمَا لِامْرِئٍ مَا نَوَى
فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ
وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ
يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ.
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنَا ابْنُ
وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ أَخْبَرَنِي
عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ كَعْبٍ وَكَانَ قَائِدَ كَعْبٍ مِنْ بَنِيهِ حِينَ
عَمِيَ قَالَ سَمِعْتُ كَعْبَ بْنَ مَالِكٍ : فِي حَدِيثِهِ وَعَلَى الثَّلَاثَةِ الَّذِينَ
خُلِّفُوا فَقَالَ فِي آخِرِ حَدِيثِهِ إِنَّ مِنْ تَوْبَتِي أَنِّي
أَنْخَلِعُ مِنْ مَالِي صَدَقَةً إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَقَالَ النَّبِيُّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمْسِكْ عَلَيْكَ بَعْضَ مَالِكَ فَهُوَ
خَيْرٌ لَكَ.
2.
Hadis Riwayat Imam Muslim
حَدَّثَنَا
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ بْنِ قَعْنَبٍ حَدَّثَنَا مَالِكٌ
عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ عَنْ
عَلْقَمَةَ بْنِ وَقَّاصٍ عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ قَالَ : قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ
بِالنِّيَّةِ وَإِنَّمَا لِامْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى
اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ
هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ
إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ.
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رُمْحِ بْنِ الْمُهَاجِرِ أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ ح و حَدَّثَنَا أَبُو الرَّبِيعِ الْعَتَكِيُّ حَدَّثَنَا حَمَّادُ ابْنُ زَيْدٍ ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ يَعْنِي الثَّقَفِيَّ ح و حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَخْبَرَنَا أَبُو خَالِدٍ الْأَحْمَرُ سُلَيْمَانُ بْنُ حَيَّانَ ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا حَفْصٌ يَعْنِي ابْنَ غِيَاثٍ وَيَزِيدُ بْنُ هَارُونَ ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ الْهَمْدَانِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ ح و حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ كُلُّهُمْ عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ بِإِسْنَادِ مَالِكٍ وَمَعْنَى حَدِيثِهِ وَفِي حَدِيثِ سُفْيَانَ سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ عَلَى الْمِنْبَرِ يُخْبِرُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رُمْحِ بْنِ الْمُهَاجِرِ أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ ح و حَدَّثَنَا أَبُو الرَّبِيعِ الْعَتَكِيُّ حَدَّثَنَا حَمَّادُ ابْنُ زَيْدٍ ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ يَعْنِي الثَّقَفِيَّ ح و حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَخْبَرَنَا أَبُو خَالِدٍ الْأَحْمَرُ سُلَيْمَانُ بْنُ حَيَّانَ ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا حَفْصٌ يَعْنِي ابْنَ غِيَاثٍ وَيَزِيدُ بْنُ هَارُونَ ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ الْهَمْدَانِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ ح و حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ كُلُّهُمْ عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ بِإِسْنَادِ مَالِكٍ وَمَعْنَى حَدِيثِهِ وَفِي حَدِيثِ سُفْيَانَ سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ عَلَى الْمِنْبَرِ يُخْبِرُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
.
3.
Hadis
Riwayat Imam An-Nasa’i
أَخْبَرَنَا
إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ أَنْبَأَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَيَّانَ
قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ
إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَقَّاصٍ عَنْ عُمَرَ بْنِ
الْخَطَّابِ : عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَإِنَّمَا لِامْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ
كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ
وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ
يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ.
أَخْبَرَنَا
إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ
عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ الْأَخْنَسِ قَالَ أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ
شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا نَذْرَ وَلَا يَمِينَ فِيمَا
لَا تَمْلِكُ وَلَا فِي مَعْصِيَةٍ وَلَا قَطِيعَةِ رَحِمٍ.
4.
Hadis
Riwayat Imam Abi Daud
حَدَّثَنَا
سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ وَابْنُ السَّرْحِ قَالَا حَدَّثَنَا ابْنُ
وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُونُسُ قَالَ قَالَ ابْنُ شِهَابٍ
فَأَخْبَرَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ كَعْبِ بْنِ
مَالِكٍ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ كَعْبٍ وَكَانَ قَائِدَ كَعْبٍ
مِنْ بَنِيهِ حِينَ عَمِيَ عَنْ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ : قُلْتُ
يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ مِنْ تَوْبَتِي أَنْ أَنْخَلِعَ مِنْ مَالِي
صَدَقَةً إِلَى اللَّهِ وَإِلَى رَسُولِهِ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمْسِكْ عَلَيْكَ بَعْضَ مَالِكَ فَهُوَ خَيْرٌ
لَكَ قَالَ فَقُلْتُ إِنِّي أُمْسِكُ سَهْمِيَ الَّذِي بِخَيْبَرَ.
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ قَالَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ تِيبَ عَلَيْهِ إِنِّي أَنْخَلِعُ مِنْ مَالِي فَذَكَرَ نَحْوَهُ إِلَى خَيْرٌ لَكَ.
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ أَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ قَالَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ تِيبَ عَلَيْهِ إِنِّي أَنْخَلِعُ مِنْ مَالِي فَذَكَرَ نَحْوَهُ إِلَى خَيْرٌ لَكَ.
حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا حَسَنُ بْنُ الرَّبِيعِ حَدَّثَنَا
ابْنُ إِدْرِيسَ قَالَ قَالَ ابْنُ إِسْحَقَ حَدَّثَنِي
الزُّهْرِيُّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ كَعْبٍ
عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ فِي قِصَّتِهِ قَالَ : قُلْتُ يَا
رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ مِنْ تَوْبَتِي إِلَى اللَّهِ أَنْ أَخْرُجَ مِنْ مَالِي
كُلِّهِ إِلَى اللَّهِ وَإِلَى رَسُولِهِ صَدَقَةً قَالَ لَا قُلْتُ فَنِصْفُهُ
قَالَ لَا قُلْتُ فَثُلُثُهُ قَالَ نَعَمْ قُلْتُ فَإِنِّي سَأُمْسِكُ سَهْمِي
مِنْ خَيْبَرَ.
C. ANALISIS SANAD
Hadis tentang bab di
atas seluruhnya dari jalur Anas bin Malik. Yang selanjutnya hadis tersebut di
riwayatkan oleh para mutadwin, di antaranya Imam Bukhari, Muslim, An-Nasa’I dan
Abi Daud.
Dalam masing-masing
mutadwin sebagaimana tersebut, memiliki keragaman jalur sanad,dengan perincian sebagai
berikut :
1. Imam
Bukhari menggunakan 3 (tiga) jalur. Masing-masing jalur terdapat 4 (empat)
urutan perawi.
2. Imam
Muslim menggunakan 1 (satu) jalur, dengan 5 (lima) urutan perawi.
3. An-Nasa’I
menggunakan 2 (dua) jalur. Untuk jalur pertama dengan 5 (lima) urutan perawi,
adapun jalur kedua dengan 4 (empat) urutan perawi.
4. Abi
Daud menggunakan 3 (tiga) jalur. Masing-masing jalur terdapat 6 (enam) urutan
perawi.
Kemudian setelah di
adakan penelitian (takhrij) dari segi sanad pada seluruh jalur dari masing-masing
mutadwin terkecuali sanad dari jalur Imam Bukhari dan Muslim, maka dapat
digambarkan dari segi kualitas sanad hadis dari masing-masing jalur sanad
sebagai berikut :
1. Dari
jalur An-Nasa’I, dalam hadis ini di nilai hasan, karena ada salah satu perawi
yang tergolong Shaduq. Adapun untuk jalur lainnya dinilai Shahih.
D. MAKNA MUFRODAT
1.
إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ
Pada
lafadz ini menunjukkan makna bahwa pentingnya segala sesuatu tindakan itu di
awali dengan niat. Niat merupakan
barometer untuk meluruskan amal perbuatan. Apabila niat baik, maka amalan
menjadi baik. Sebaliknya, bila niat rusak, amalan juga akan rusak.
2.
وَإِنَّمَا
لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا
Pada lafadz ini menunjukkan makna
bahwa setiap orang yang dimaksudkannya yaitu beremigrasi dalam duniawi.
3.
أَوْ إِلَى امْرَأَةٍ
يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ
Pada lafadz ini menunjukkan makna
bahwa setiap seorang wanita itu untuk menikah maka berhijrahlah kepadanya.
E.
PENJELASAN HADIS
إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِPada lafadz ini menunjukkan
makna bahwa pentingnya segala sesuatu tindakan itu di awali dengan niat. Niat
merupakan barometer untuk meluruskan amal perbuatan. Apabila niat baik, maka
amalan menjadi baik. Sebaliknya, bila niat rusak, amalan juga akan rusak.
Hadits yang mulia
ini menunjukkan bahwa niat merupakan timbangan penentu kesahihan amal. Apabila
niatnya baik, maka amal menjadi baik. Apabila niatnya jelek, amalnya pun
menjadi jelek (Syarh
Arba’in li an-Nawawi, sebagaimana tercantum dalam ad-Durrah
as-Salafiyah, hal. 26). Istilah niat meliputi dua hal; menyengaja melakukan
suatu amalan [niyat
al-'amal] dan memaksudkan amal itu untuk tujuan tertentu [niyat al-ma'mul lahu].
Yang dimaksud niyatu al-’amal adalah
hendaknya ketika melakukan suatu amal, seseorang menentukan niatnya terlebih
dulu untuk membedakan antara satu jenis perbuatan dengan perbuatan yang lain.
Misalnya mandi, harus dipertegas di dalam hatinya apakah niatnya untuk mandi
biasa ataukah mandi besar. Dengan niat semacam ini akan terbedakan antara
perbuatan ibadat dan non-ibadat/adat. Demikian juga, akan terbedakan antara
jenis ibadah yang satu dengan jenis ibadah lainnya. Misalnya, ketika
mengerjakan shalat [2 raka'at] harus dibedakan di dalam hati antara shalat
wajib dengan yang sunnah. Inilah makna niat yang sering disebut dalam
kitab-kitab fikih.
Sedangkan niyat al-ma’mul
lahu maksudnya adalah hendaknya ketika beramal tidak memiliki tujuan lain
kecuali dalam rangka mencari keridhaan Allah, mengharap pahala, dan terdorong
oleh kekhawatiran akan hukuman-Nya. Dengan kata lain, amal itu harus ikhlas.
Inilah maksud kata niat yang sering disebut dalam kitab aqidah atau penyucian
jiwa yang ditulis oleh banyak ulama salaf dan disabdakan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Di dalam al-Qur’an, niat semacam ini diungkapkan dengan kata-kata iradah
(menghendaki) atau ibtigha’ (mencari). (Diringkas dari keterangan Syaikh
as-Sa’di dalam Bahjat
al-Qulub al-Abrar, sebagaimana tercantum dalam ad-Durrah as-Salafiyah,
hal. 36-37 dengan sedikit penambahan dari Jami’
al-’Ulum oleh Ibnu Rajab hal. 16-17).
Niat merupakan
barometer untuk meluruskan amal perbuatan. Apabila niat baik, maka amalan
menjadi baik. Sebaliknya, bila niat rusak, amalan juga akan rusak.
An-Niyyaatu adalah bentuk jamak dari niyyatun, artinya tujuan. Dengan ungkapan yang
lebih luas: Niat adalah tergeraknya hati menuju apa yang dianggapnya sesuai dengan
tujuan baik berupa perolehan manfaat atau pencegahan mudarat. Niat mengandung dua makna:
1. Bermakna pemisahan ibadah satu dengan lainnya misalnya, pemisahan antara
sholat Dhuhur dan Ashar, atau pembedaan antara ibadah dan adat (‘Urf)—seperti juga
pembedaan antara mandi janabat dengan mandi biasa. Niat dengan makna seperti ini
banyak dijumpai dalam kitab-kitab fiqh para fuqoha. Perbedaan yang sering muncul
dalam masalah niat (dalam pengertian ini) adalah masalah haruskah niat itu
dilafalkan atau kah cukup dalam hati. Para ulama telah banyak menjelaskan mengenai masalah ini, seperti Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin,beliau berkata:”Dalam semua amalan, niat tempatnya dihati, bukan dilidah. Oleh karena itu, barangsiapa yang mengucapkan niat dengan lisan ketika hendak sholat, puasa, haji, wudhu, atau amalan yang lain, maka dia telah melakukan kebid’ahan,mengamalkan sesuatu yang tidak ada asalnya dalam agama Allah. Hal itu karena Nabi Shalallahu ‘alaihi Wassalam ketika berwudhu, shalat, bersedekah, berpuasa, dan berhaji tidak pernah mengucapkan niat dengan lisan, karena niat memang tempatnya di hati.”[2] Memang niat merupakan amalan hati[3] yang tidak perlu untuk diucapkan, apabila kita ber-wudhu atau akan sholat maka inilah niat (amalan hati, terwujud dalam per-buatan), tidak mungkin bagi orang yang berakal dan tidak dipaksa melakukan sesuatu (entah itu amal yang baik maupun buruk) kecuali sudah dia niatkan. Oleh karena itu sebagian ahli ilmu mengatakan:” Kalaulah Allah membebankan kamu suatu pekerjaan tanpa niat, pastilah pembebanan itu sesuatu yang tidak dapat dikuasainya”.
An-Niyyaatu adalah bentuk jamak dari niyyatun, artinya tujuan. Dengan ungkapan yang
lebih luas: Niat adalah tergeraknya hati menuju apa yang dianggapnya sesuai dengan
tujuan baik berupa perolehan manfaat atau pencegahan mudarat. Niat mengandung dua makna:
1. Bermakna pemisahan ibadah satu dengan lainnya misalnya, pemisahan antara
sholat Dhuhur dan Ashar, atau pembedaan antara ibadah dan adat (‘Urf)—seperti juga
pembedaan antara mandi janabat dengan mandi biasa. Niat dengan makna seperti ini
banyak dijumpai dalam kitab-kitab fiqh para fuqoha. Perbedaan yang sering muncul
dalam masalah niat (dalam pengertian ini) adalah masalah haruskah niat itu
dilafalkan atau kah cukup dalam hati. Para ulama telah banyak menjelaskan mengenai masalah ini, seperti Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin,beliau berkata:”Dalam semua amalan, niat tempatnya dihati, bukan dilidah. Oleh karena itu, barangsiapa yang mengucapkan niat dengan lisan ketika hendak sholat, puasa, haji, wudhu, atau amalan yang lain, maka dia telah melakukan kebid’ahan,mengamalkan sesuatu yang tidak ada asalnya dalam agama Allah. Hal itu karena Nabi Shalallahu ‘alaihi Wassalam ketika berwudhu, shalat, bersedekah, berpuasa, dan berhaji tidak pernah mengucapkan niat dengan lisan, karena niat memang tempatnya di hati.”[2] Memang niat merupakan amalan hati[3] yang tidak perlu untuk diucapkan, apabila kita ber-wudhu atau akan sholat maka inilah niat (amalan hati, terwujud dalam per-buatan), tidak mungkin bagi orang yang berakal dan tidak dipaksa melakukan sesuatu (entah itu amal yang baik maupun buruk) kecuali sudah dia niatkan. Oleh karena itu sebagian ahli ilmu mengatakan:” Kalaulah Allah membebankan kamu suatu pekerjaan tanpa niat, pastilah pembebanan itu sesuatu yang tidak dapat dikuasainya”.
2. Niat bermakna pembedaan maksud seseorang dalam beramal. Apakah semata-mata
karena Allah, atau karena yang lainnya, atau karena bersamaan dengan lainnya.
Maksudnya ada manusia yang beramal ikhlas karena Allah, ada yang ingin dilihat dan
dipuji orang lain, ada juga yang beramal supaya dipuji orang sekaligus memperoleh
ridho dari Allah. Bagi orang yang beramal hanya karena mengharapkan ridho Allah
semata dengan diiringi rasa raja’ (berharap) dan khauf (takut akan siksaannya, pen)
itulah orang-orang yang ikhlas [4].
Keikhlasan inilah
point penting dalam setiap amalaliah perbuatan kita sekecil apapun itu. Ikhlas
merupakan hakikat agama Islam, inti peribadatan seorang hamba, syarat diterimanya
amal dan merupakan dakwahnya para Rasulullah. Tanpa keikhlasan amal kita tidak
ada artinya apa-apa. Dan untuk itulah, Allah memerintahkan kita untuk
menjalankan agama yang lurus dan memurnikan ketaatan hanya kepada-Nya semata.
menjalankan agama yang lurus dan memurnikan ketaatan hanya kepada-Nya semata.
Cara-cara untuk
menumbuhkan niat yang ikhlas:
1. Mengetahui
arti keikhlasan dan urgensinya dalam beramal.
2. Menambah
pengetahuan tentang Allah swt dan hari kiamat. Dengan mengetahui ilmu
tentang-Nya, maka seseoang mengenal Allah swt dengan sebenar-benarnya tentulah
tidak akan berani berbuat syirik (menyekutukan Allah dengan selain-Nya di dalam
niatnya). Ia juga akan mempertimbangkan amal-amalnya dan balasannya nanti di
akhirat.
3. Memperbanyak membaca atau berinteraksi dengan
al-Qur’an, karena al-Quran adalah penyembuh dari segala penyakit dalam dada
(QS.10:57) termasuk penyakit riya, ujub, dan sum’ah.
4.
Memperbanyak amal-amal rahasia, sehingga kita terbiasa untuk beramal karena
Allah semata tanpa diketahui orang lain.
5. Menghindari atau mengurangi saling memuji,
karena dengan pujian terkadang orang jadi lalai hatinya dan menjadi sombong.
6. Berdoa,
dengan tujuan agar selalu diberi keikhlasan dan dijauhi dari
syirik. Doa yang dicontohkan oleh Rasulullah saw : “Allahumma innii a’udzubika annusyrikabika syaian a’lamuhu wa astaghfiruka lima laa a’lamuhu.” (Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari syirik kepada-Mu dalam perbuatan yang aku lakukan dan aku memohon ampun ke-pada-Mu terhadap apa yang tidak aku ketahui).
syirik. Doa yang dicontohkan oleh Rasulullah saw : “Allahumma innii a’udzubika annusyrikabika syaian a’lamuhu wa astaghfiruka lima laa a’lamuhu.” (Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari syirik kepada-Mu dalam perbuatan yang aku lakukan dan aku memohon ampun ke-pada-Mu terhadap apa yang tidak aku ketahui).
Istiqamah adalah
berarti berdiri tegak di suatu tempat tanpa pernah bergeser, karena akar kata
Istiqamah dari kata “qaama”
yang berarti berdiri. Maka secara etimologi, Istiqamah berarti
tegak lurus. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, Istiqâmah diartikan sebagai sikap teguh pendirian dan
selalu konsekuen.
Jadi muslim yang
berIstiqamah adalah muslim yang selalu mempertahankan keimanan dan akidahnya
dalam situasi dan kondisi apapun. Ia bak batu karang yang tegar menghadapi
gempuran ombak-ombak yang datang silih berganti. Ia tidak mudah loyo dalam
menjalankan perintah agama. Ia senantiasa sabar dalam menghadapi seluruh
godaan. Itulah manusia muslim yang sesungguhnya, selalu Istiqamah dalam
sepanjang jalan.
F.
KESIMPULAN
Dari uraian hadis di
atas dapat ditarik pemahaman secara garis besar, sebagai berikut :
Ø Apabila
niatnya baik, maka amal menjadi baik. Apabila niatnya jelek, amalnya pun
menjadi jelek.
Ø Istilah
niat meliputi dua hal; menyengaja melakukan suatu amalan [niyat al-'amal] dan
memaksudkan amal itu untuk tujuan tertentu [niyat
al-ma'mul lahu].
Ø Mengetahui
arti keikhlasan dan urgensinya dalam beramal.
Ø Menghindari
atau mengurangi saling memuji, karena dengan pujian terkadang orang jadi lalai
hatinya dan menjadi sombong.
Ø Berdoa,
dengan tujuan agar selalu diberi keikhlasan dan dijauhi dari
syirik.
syirik.
DAFTAR
PUSTAKA
Ø Al-Qur`an
dan terjemahannya, Edisi Ilmu Pengetahuan, Jakarta : PT. Mizan Pustaka, 2009 M.
Ø Ahmad Djalaluddin Al-faruq, Fi Tarjimi Al-lu’lu
Wal Marjan, Surabaya: Trimurti Press 1999 M.
Ø Ibnu
hadjar astqolani, Bulughal maromi, Beirut, Lebanon: Daar El Kitab Al-islamiyyah
854 M.
Ø Muhammad
Iman Nawawi, Fi Tarjimi Bulughal Maromi, Mekkah, Saudi Arabia: Maktabatul Al
Mamlakat Assaudiyyah. 2000 M.
Ø http://muslimword.com
Ø Ekabakti
Hadis Book.