Trik - Trik Beramal Saleh

blogger templates


“ Siapa diantara kalian yang melakukan shaum-dhar, puasa yang terus menerus dan tak henti-henti ? “ tanya Nabi kepada sejumlah sahabat yang duduk mengitarinya. “ Saya wahai Rasulullah, “ jawab Salman Al-Farisi yang hadir ditengah khalayak banyak. “ Siapa yang senantiasa menghidupkan malamnya ? “ tanya Nabi lagi. “ Saya wahai junjunganku Rasulullah, “ jawab Salman. “ Siapa yang mengkhatamkan (membaca sampai selesai) Alquran setiap hari ? “ “ Saya juga mengkhatamkannya ya Rasulullah, “ kata Salman. Sebagai sahabat protes. Katanya, “ Wahai Rasulullah, Salman adalah orang persia. Dia hanya mau membanggakan sukunya saja terhadap kami. Dia tidak melakukan shaum-dahr karena hampir setiap hari kulihat dia makan seperti biasa. Dia tidak bangun sepanjang malam karena kulihat dia tidur hampir sepanjang malam. Dia juga tidak mengkhatamkan Alquran setiap hari karena kulihat dia lebih banyak berdiam ketimbang membaca Alquran. “ “ Wahai Polan, janga kau bersikap agak meremehkan orang seperti Luqman Al-Hakim ini. Tanyakan kepadanya, kelak kau akan dapat jawabannya, “ nasihat Rasulullah. “ Wahai Salman, bagaiman kau mengaku melakukan shaum-dahr padahal hampir setiap hari aku melihatmu makan ? “ tanyanya. “ Benar apa yang kauduga. Aku hanya shaum tiga hari saja pada setiap bulan. Tapi Allah berfirman : siapa yang melakukan perbuatan yang baik maka baginya sepuluh kali lipat seumpamanya (Al-Anam 160). Kemudian aku shaum bulan Sha’ban yang kulanjutkan terus sampai bulan Ramadhan. Semua itu dikatakan sebagai shaum-dhar. “ “ Lalu bagaimana dengan bangun sepanjang malam yang kau katakan itu padahal engkau lebih banyak tidur ketimbang bangun pada malam hari ? “ “ Tidak benar apa yang kauduga. Namun, aku dengar kekasihku, Rasulullah saw. Bersabda : Siapa yang tidur dalam keadaan bersuci, seakan-akan dia mengihyakan malam itu. Dan aku senantiasa tidur malam dalam keadaan bersuci. “ “ Kemudian bagaimana dengan mengkhatamkan Alquran padahal hampir setiap hari kau lebih banyak berdiam ?” “ Aku dengar kekasihku, Rasulullah saw. Berkata kepada Ali : Ya Abal Hasan, kedudukanmu di tengah umatku seperti kedudukan qul huallohu ahad di dalam Alquran. Siapa yang membacanya sekali, maka dia telah membaca sepertiga Alquran ; siapa membacanya dua kali, maka dia telah membaca dua pertiga Alquran; dan siapa yang membacanya tiga kali, maka dia telah mengkhatamkan Alquran. Siapa yang mencintaimu – Ya Abal Hasan – sekedar lidahnya, maka dia telah memperoleh sepertiaga dari iman; siapa yang mencintaimu dengan lisan dan hatinya, maka dia telah memperoleh dua pertiga dari iman; siapa yang mencintaimu dengan lisan dan hatinya lalu membantu (perjuangannya) dengan tangannya, maka sempurnalah imannya. Demi yang mengutusku dengan kebenaran, hai Ali, apabila penghuni bumi ini mencintaimu, maka tidak satupun dari mereka yang akan disiksa dengan api neraka. Dan aku membaca qul huallohu ahad setiap hari sebanyak tiga kali. “