. TETANGGA KELAPARAN 1

blogger templates



Abdulloh Bin Mubarok berkata: “ Pada suatu tahun selesai aku melaksanakan haji aku tidur di masjidil harom dan aku bermimpi turun 2 malaikat ngobrol, salah satu malaikat tersebut bertanya “ berapa yang haji tahun ini? Di jawab oleh malaikat satunya lagi, Ada 600.000 orang , berapa yang di terima? Semuanya tidak ada yang di terima kecuali satu orang yang bernama MUWAFIK tukang sol di Dimsik, dia tidak berangkat haji tapi hajinya di terima oleh Allah,
kemudian aku terbangun dan aku segera sholat dan berangkat ke Dimsik untuk menanyakan orang yang bernama MUWAFIK, kemudian aku bertemu dengan dia, dan aku bicarakan kepadanya tentang mimpiku dan aku bertanya apa amal yang telah kau lakukan sehingga kau mendapat derajat yang tinggi, kemudian dia berkata: “ Aku niat berangkat haji dan aku punya uang 300 dirham,pada suatu saat ada harum makanan dari tetanggaku dan istriku sedang hamil,istriku menyuruhku untuk minta sedikit saja makanan tersebut , kemudian aku pergi ke rumah tetanggaku,keluarlah nenek-nenek dan berkata “aku dan anak-anakku sudah 3 hari belum makan apa-apa, aku menemukan di depan rumahku ada bangke himar,kemudian aku memasaknya, bangke ini halal buatku dan haram buatmu” kemudian aku bergegas pulang dan mengambil uang 300 dirham yang akan aku pake haji kemudian aku berikan kepadanya dan aku berkata kepada diriku: اِنَّ الْحَجَّ فىِ بَابِ دَارِىْ sesungguhnya hajiku ada di depan rumahku
(Sumber: Kitab Irsyadul ‘Ibad Hal: 96-97)