Gagal Kuliah, Jadilah Entrepreneur

blogger templates
Gagal Kuliah, Jadilah Entrepreneur

“Mulailah berwirausaha justru di saat kita tidak punya apaapa”.
Waktu kuliah dulu saya punya teman yang pandai dan memiliki wawasan
dunia bisnis yang lumayan. Ide-ide rencana usaha yang muncul dari
pemikirannya sangat cemerlang. Selalu saja, ide-ide itu adalah ide bisnis
yang menarik, prospeltif, dan berpeluang besar untuk digarap. Semua teman
kuliah berdecak kagum dengan lontaran ide-idenya.
Tetapi ide-ide itu tinggal ide saja. Sampai hari ini belum ada satu pun bisnis
yang pernah dijalankannya. Malahan, terakhir saya ketemu dia, berstatus
karyawan sebuah perusahaan publik di Jakarta. Dia memang terlalu pandai
untuk merencanakan sebuah usaha sekaligus terlalu takut untuk memulai.
Ada juga mahasiswa yang pernah datang pada saya. Dia menyatakan ingin
berwirasusaha, kemudian dia mengatakan, bahwa dirinya belum punya modal
dan tidak begitu pandai.
Saya katakan pada dia: “Kebetulan!” Kemudian saya katakan lagi: “Jangan
takut, karena modal utama untuk memulai bisnis adalah keberanian.”
Mengapa saya katakan seperti itu? Sebab, biasanya kalau terlalu pinter itu
malah terlalu berhitung. Orang yang tahu banyak hal, maka dia akan tahu
banyak risiko dan halangan di depannya. Hal itu justru akan menciutkan
nyalinya.
Saya malah pernah bilang pada seorang sarjana yang ingin berwirausaha.
Saya katakan: “Sekarang, abaikan ijazahmu. Buatlah dirimu seolah-olah tidak
punya apa-apa, kecuali semangat dan keinginan yang kuat.”
Saya teruskan: “Mulailah berwirausaha justru pada saat Anda tidak
punya apa-apa”.
Saat Anda merasa tertekan. Saat Anda tidak dapat berbuat apa-apa dengan
ijazah Anda. Saat Anda kebingungan karena harus bayar kredit rumah. Atau
pada saat Anda merasa terhina.”
Memang ‘nasehat’ saya ini agak berbeda dengan kebanyakan orang.
Biasanya orang menyarankan, kalau mau usaha sebaiknya mengumpulkan
modal dulu, kemudian cari tempat dan seterusnya. Tetapi, banyak orang
sukses sebagai wirausahawan justru dimulai dari sebaliknya, hanya punya
semangat dan tidak punya apa-apa. Kondisi yang ada memaksa mereka
harus “bermimpi” tentang masa depannya, kemudian tertantang untuk
menggapainya, dan berusaha keras untuk mewujudkannya.
Anda tentu tahu atau paling tidak pernah mendengar nama Steve Jobs ?
Sebelumnya dia bukan siapa-siapa. Jobs hanyalah anak muda yang gemar
bercelana jeans belel dan berkantong kempes. Belakangan, dia membuat
Apple Computer di garasi rumahnya, dan mendirikan perusahaan yang masuk
Fortune 500 lebih cepat dari siapapun sepanjang sejarah.
Jobs adalah contoh orang yang berhasil dalam berwirausaha, justru bukan
karena kepandaiannya di bangku kuliah. Tapi, karena ia memiliki keberanian
dan keyakinan akan usaha yang digelutinya. Dia mampu bertindak
merealisasi gagasannya dengan meninggalkan lingkungan kuliah dan temantemannya
yang suka berhura-hura.
Tapi, saya tidak menyarankan Anda untuk mengabaikan pendidikan.
Hanya saja, saya ingin mengatakan, bahwa untuk menjadi
wirausahawan terlebih dahulu dibutuhkan keberanian memulai
(bertindak), untuk memanfaatkan peluang bisnis yang ada. Hal
tersebut harus segera dilakukan, sebelum orang lain
mendahuluinya.
Kepandaian akademis akan diperlukan bila usaha kita sudah berjalan, dan itu
bisa kita dapatkan dengan mengikuti kuliah lagi, atau kita bisa membayar
orang-orang pandai sebagai karyawan atau konsultan.