Ratusan Rumah di Aceh Terendam Banjir

blogger templates

Ratusan Rumah di Aceh Terendam Banjir

Banjir di Aceh (Foto: News)
Aceh, - Curah hujan yang tinggi di kawasan pantai utara Provinsi Aceh menyebabkan ratusan rumah di Kecamatan Bayu, Kabupaten Aceh Utara terendam banjir. Selain rumah, sekolah dan sawah juga ikut terendam.

Air mulai merendam pemukiman warga sejak pukul 05.00 WIB, Senin (15/4/2013). Banjir setinggi 70 sentimeter merendam Desa Beunot, Meunasah Bie, Meunasah Alue Majruen, Blang Majruen dan Blang Awe.

Sebagian warga sudah memindahkan sejumlah barang berharganya ke tempat yang lebih tinggi.

Camat Bayu, Safrizal mengatakan, banjir juga merendam 30 hektar areal persawahan warga yang kini mulai panen. "Akibat banjir itu kerugian yang ditanggung warga mencapai puluhan juta rupiah. Saat ini warga belum mengungsi, namun petugas tim BPBD sudah siaga di lokasi banjir,” ujar Safrizal di lokasi banjir, Senin (15/4/2013).

Banjir juga merendam sejumlah sekolah. Di SMA Negeri 1 Kecamatan Bayu, ketinggian air mencapai 30 sentimeter.

"Untung saja air tidak sampai tergenang di ruang kelas, sehingga pelaksanaan UN tetap berjalan semestinya, meskipun siswa dan guru harus mengangkat sepatu dan celananya ketika ingin masuk ruang," ujarnya.

Korban Banjir, Azhari (31), mengaku kehilangan 2.500 ekor ikan kerapu karena tambak miliknya tergenang air setinggi 4 meter.

"Saya bersama petani tambak lainnya berharap agar pemerintah dapat membantu beban kerugian yang kami alami," kata Azhari.

Sementara itu banjir yang melanda di Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe pada Minggu (14/4/2913), kini sudah surut.