Mengurai Dunia Spiritual Gus Dur

blogger templates

Mengurai Dunia Spiritual Gus Dur






Gus Dur mengajak Kiai Agiel jalan-jalan untuk mencari seorang wali. Kemudian Kiai Agiel bertemu seseorang yang memakai surban tinggi sedang mengajar dan memiliki banyak santri.

Kiayi Agiel pun bertanya kepasa Gus Dur,"Apa ini wali, Gus?" Gus Dur menjawab, "Bukan." Akhirnya mereka mencari lagi dan bertemu seseorang yang memakai surban dengan jidat hitam. Lagi-lagi Gus Dur berkata,"Bukan ini." Sampai akhirnya Gus Dur menghentikan langkah di dekat seseroang yang bersurban kecil biasa, duduk di atas sajadah."Inilah wali," ujar Gus Dur singkat namun mantap.

Ternyata tujuan mencari wali ialah agar Gus Dur didoakan oleh sang wali. Akhirnya, wali ini berdoa untuk Gus Dur. Usai berdoa, sang wali pergi sambil menyeret sajadahnya dan berucap lirih, "Ya Rabbi, ma dzanbi hatta tu'arrifuni (Ya Tuhanku, apa dosaku sehingga ada orang yang mengetahui maqom-ku (kedudukanku)?"

Banyak kejadian atau ucapan Gus Dur semasa hidup yang tidak terjangkau oleh logika kebanyakan orang. Kejadian-kejadian yang terasa janggal, tetapi benar adanya sehingga banyak orang berpendapat bahwa Gus Dur memiliki keistimewaan tersendiri.

"Hal yang misterius dan hanya Allah yang tahu, selain jodoh, maut, rejeki, adalah Gus Dur."
(Alm. Nurcholis Madjid)