Ini Dia Konsep Kampung Susun Ala Jokowi

blogger templates

Ini Dia Konsep Kampung Susun Ala Jokowi

Jokowi (Foto: Ilustrasi)
Jokowi (Foto: Ilustrasi)
JAKARTA - Ide menarik kembali muncul dari calon gubernur DKI, Joko Widodo alias Jokowi. Dia membuat konsep kampung susun, terkait padatnya penduduk DKI Jakarta.

Jokowi menjelaskan, konsep kampung susun, berbeda dengan rumah susun yang ada saat ini. Sebab, kampung susun akan mempertahankan keadaan perkampungan dan tidak merubah tata ruangnya menjadi gedung.

"Begini, jadi kalau rumah susun kayak apartemen, kalau kampung susun seperti kampung seperti ini tapi bertingkat. Jadi kalau dilihat tetep kayak kampung," jelas Jokowi di kawasan Koja, Jakarta, Sabtu (15/9/2012).

Konsep kampung susun ini, sambung Jokowi, mengadopsi keinginan masyarakat, tapi harus ada ruang terbuka hijau, ada sepiteng dan ruang publik untuk anak-anak yang baik dan bersih. "Untuk daya tampung, macam-macam, tergantung kebutuhan. Ada yang 90, ada yang lebih dari itu, yaitu 120-an ada juga," sambungnya.

Bicara soal anggaran untuk membangun kampung susun tersebut, pasangan Basuki T. Purnama (Ahok) ini memiliki ide yang juga unik, yaitu digarap oleh kontraktor dan masyarakat sendiri.

"Kalau diberikan kontraktor itu memang mahal. Kira-kira Rp10-12 milyar, tapi kalo diberikan ke masyarakat, mereka menggarap sendiri, itu bisa berkurang. Kira-kira sekitar 40 persen. Nanti akan kita coba diberikan kontraktor satu, diberikan ke masyarkat satu. Hasilnya seperti apa," simpulnya...