"Anas Akan 'Bertempur' Kembali di Kongres PD 2015"

blogger templates


Anas Urbaningrum (Foto: Okezone) Anas Urbaningrum (Foto: Okezone)
JAKARTA - Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Bali, secara aklamasi memilih Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua Umum DPP Partai Demokrat (PD).

Hal tersebut tak membuat kubu mantan Ketua DPP PD Anas menyerah. Saat ini loyalis Anas tidak melakukan perlawanan terbuka terhadap SBY. Pertempuran kubu Anas dan kubu Cikeas akan terjadi di 2015.

"Saya melihat kubu Anas cooling down, karena SBY yang menangani semua di demokrat. 2015 Anas akan bermanuver, saya melihat pertempuran reguler ada di 2015, saat kongres demokrat," kata pengamat Politik Gun Gun Heryanto, saat berbincang dengan Okezone, di ujung telefon, Sabtu (20/4/2013).

Saat ini, loyalis Anas yang masih berada di dalam PD dibuat tidak nyaman oleh kelompok Cikeas. Namun bukan berarti tidak mengakomodir sama-sekali.

"Saya melihat SBY bukan tipikal yang kasar dengan lawan politiknya. Loyalis Anas hanya dibuat situasi tidak nyaman, sehingga memang dalam konteks surkulasi elite, tdk menggunakan frontal. Tidak ada loyalis Anas yang ditendang dengan cara kasar," terangnya.

Dia menambahkan bahwa loyalis Anas saat ini masih ada yang ditempatkan pada posisi kepengurusan. Namun porsinya yang sedikit. Tidak ada loyalis Anas yang berada diposisi strategis.
"SBY sendiri akan mengakomodir secara politik loyalis Anas, itu jadi bagian representasi Anas. Misalnya Saan Mustopa saat ini sudah mulai dekat dengan SBY, waktu di Karawang dan di Bali Saan juga membaur," lugasnya.