Akibat Meninggalkan / Meremehkan Shalat

blogger templates
shalat

Dalam tafsirnya imam Al Qurthubi menceritakan suatu hasdits yang diriwiyatkan dari Ibnu Dinar: “ Seorang laki-laki yang tinggal di Madinah berpisah dengan ibu dan adik perempuannya, sehingga ketika dia mendengar kabar bahwa adik perempuannya sakit keras, bergegas ia tinggalkan kota Madinah, ia datangi rumah ibu dan dimana rumah adik perempuannya tinggal, sampai-sampai ketika adiknya meninggal dia ikut menggali kuburnya, dia turun keliang lahat, memasukkan jenazah adiknya, menutupi dengan tanah sampai proses penguburan berakhir.Pulang ia bersama para pengantar jenazah. Setelah sampai dirumah barulah sadar,ada KIS ( Dompet ) yang berisi uang beratus ratus dinar yang terjatuh dalam kubur adiknya ketika dia sedang berusaha menutupi jenazah adiknya dengan tanah, bergegas dia kembali ke kubur, dia gali sedikit demi sedikit dan sampai ketika dia sudah menemukan dompet tadi terlintaslah fikirannya untuk melanjutkan menggali kubur adiknya ingin melihat bagaimana keadaan adiknya sendirian dalam kubur.

Ketika penggalian berakhir didapati api menyala-nyala didalam tubuh addiknya, didalam kubur didalam lahatnya, terperangahlah ia melihat suasana itu, cepat,cepat ia tutup kembali kubur itu dan bergegas kembali menemui ibunya.

Ibuku! ceritakanlah kepadaku apa yang telah diperbuat adikku sewaktu hidup ? ada sesuatu yang maha dasyat, sesuatu yang sangat menakutkan aku, aku dapatkan didalam kuburnya. Ibunya menjawab : Saudaramu telah mati, jangan kamu tanyakan kepadaku perbuatan-perbuatan buruk yang telah dia lakukan.

Wahai anakku ketahuilah bahwa adikmu diwaktu hidup, ia suka menunda-nunda perbuatan sholatnya ( mengerjakan diakhhir waktu) dan diantara kebiasan buruk dia adalah suka mencari-cari rahasia saudaranya ( mencari aib sesama muslim ) kemudian dia ceritakan kepada orang banyak. ( Tafsir Al Jami’ Li-Ahkami Al-Qur’an, Imam Al Qurthuby : 16 / 334 )

Sebagai ibroh kisah para salaf itu perlu kita teladani dan tentunya menuntut sebuah kesungguhan untuk menegakkan sholat dan menghindarkan ghibah dalam kehidupan kita agar kita selamat dan terhindar dari siksa dan adzab Alloh baik di dunia maupun akherat